Headline

Erick Thohir Wujudkan Penantian Panjang Jokowi Gabungkan Pelindo

0

Kerjha ― Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berhasil mewujudkan penantian panjang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggabungkan PT Pelindo. Hari ini, penggabungan PT Pelindo I, II, III, dan IV yang kini berubah nama menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) itu, akhirnya diresmikan Jokowi di Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Diungkapkan Jokowi, ia telah menantikan penggabungan BUMN pelabuhan tersebut selama tujuh tahun lamanya. “Saya tunggu-tunggu tujuh tahun enggak terealisasi,” kata Jokowi.

Sebelumnya Jokowi mengaku pernah memerintahkan Menteri BUMN saat itu, Rini Soemarno, untuk menggabungkan Pelindo menjadi satu.

Namun, ya itu tadi, hingga periode pertama pemerintahan Jokowi berakhir, angan-angan itu belum kunjung terwujud.

Menunjuk Erick Thohir sebagai menteri BUMN di periode kedua pemerintahannya, barulah penggabungkan Pelindo menjadi satu akhirnya terwujud.

Melalui penggabungan BUMN ini, Jokowi pun berharap Pelindo mampu menjadi sebuah kekuatan besar. “Saya berharap, penggabungan ini akan menjadikan Pelindo menjadi sebuah kekuatan besar dan bisa diikuti oleh BUMN lainnya,” katanya.

Melalui penggabungan ini pula, Jokowi menginginkan biaya logistik Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain.

Selama ini biaya logistik di Indonesia yang 23 persen masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga yang hanya sekitar 12 persen. “Artinya, ada yang tidak efisien di negara kita,” terangnya. (MET)

Tulisan Terkait

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *