Berita

Ganjar Deklarasi 3 Jari di Kampung Waninggap Nanggo, Merauke

0

Kerjha — Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo memulai kampanye perdana pilpres 2024 di Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11). Pilihan memulai kampanye dari daerah di ujung timur Indonesia itu, menjadi simbol komitmen Ganjar untuk memajukan seluruh rakyat Indonesia.

Ganjar mengaku sengaja berbagi tugas dengan Mahfud Md untuk mengunjungi dua tempat di ujung barat dan ujung timur Indonesia. Ganjar hari ini ke Merauke, sementara Mahfud mengunjungi Sabang. Menurut Ganjar, makna dipilihnya dua tempat itu untuk menunjukkan persatuan Indonesia.

“Kami sengaja memilih dua titik di Indonesia. Yang satu, di ujung timur di mana matahari terbit, yang satu di ujung barat. Ini karena kami ingin persatuan Indonesia, seperti sila ketiga,” kata Ganjar di Desa Waninggap Nanggo, Distrik Semangga, Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11).

Kedatangan Ganjar di Desa Waningap disambut meriah warga desa setempat. Di desa tersebut, Ganjar melakukan Deklarasi 3 Jari disertai peluncuran baliho dan pembagian kaus secara simbolis.

Tampak sejumlah pengurus Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, seperti Wakil Ketua TPN Tuan Guru Bajang (TGB), Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, Direktur Hukum Ronny Talapessy hingga Deputi Politik 5.0 Andi Widjajanto ikut mendampingi Ganjar.

Ganjar memilih desa sebagai tempat mulai untuk kampanye, dan menyiarkannya ke seluruh Indonesia agar dua titik kampanye mereka menjadi awal harapan yang ingin mereka berikan. Menurut Ganjar, dipilihnya desa karena sejatinya di sinilah masyarakat banyak berkumpul.

“Di sini tadi kepala suku menyampaikan kepada saya ‘selamat datang jalannya bagus sekali,’ sebuah pernyataan yang sangat sopan, sangat bagus dan tidak perlu kami jawab. Tetapi kami melewati jalan itu dan kami merasakan itu,” sambung dia.

Ganjar kemudian menyampaikan bahwa pernyataan itu menunjukan bahwa pemerintah berhutang kepada rakyat untuk menyelesaikan akses jalan di Papua. Apalagi, menurut Ganjar, desa merupakan kekuatan besar yang harus diperhatikan pemerintah.

“Di sana ada sumber daya yang hebat sekali. Makanan ada di sana, laut ada di sana juga, SDM ada di sana. Namun sisi lain prioritas dan perhatian pun mesti kita siapkan di sana,” tutur Ganjar. (*)

Tulisan Terkait

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *