Headline

Komitmen Ganjar-Mahfud Wujudkan Negara Maritim Adil dan Lestari

0

Kerjha — Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, berkomitmen mewujudkan negara maritim yang adil dan lestari. Ganjar-Mahfud menargetkan potensi perekonomian Indonesia bisa unggul dalam lima tahun ke depan.

Gagasan tersebut tertuang dalam visi dan misi Ganjar-Mahfud yang mengangkat tema Menuju Indonesia Unggul Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari. Ganjar akan memaksimalkan potensi ekonomi laut Indonesia dengan 11 poin.

Kesebelas poin itu ialah perikanan tangkap, perikanan budidaya, industri pengolahan hasil perikanan, industri bioteknologi kelautan, pertambangan dan energi (ESDM), pariwisata bahari, hutan bakau, perhubungan laut, sumber daya wilayah pulau-pulau Kecil, industri dan jasa maritim, serta SDA nonkonvensional. Ganjar siap mengoptimalkan potensi keuntungan dari sektor ini sampai USD 1,4 triliun per tahun.

Semua keuntungan tersebut akan dimanfaatkan sebesar-besarnya buat kemakmuran rakyat. Indonesia sebagai negara maritim, sudah seharusnya bisa mendapatkan keuntungan besar dari lautnya.

“Ini adalah titik kulminasi dari apa yang ingin dicapai negara kita, Indonesia unggul. Bagaimana cara menggapainya, harus bererak cepat, kelebihan apa yang bisa diberdayakan, negara maritim, serta elemen apa yang tidak boleh luput dari perhatian, adil dan lestari,” kata Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Pangeran Siahaan, dikutip dari laman ganjarmahfud03.id.

Menghadiri Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, Ganjar sangat yakin Indonesia bisa berkembang dengan memanfaatkan sektor kemaritimannya. Ganjar bilang, kalau pengelolaan ekonomi maritim saat ini belum optimal.

“Kalau bandingkan tangkapan ikan dari panjang laut pantai kita di Indonesia dan Vietnam bedanya luar biasa. Kenapa kita masih kalah,” tanya Ganjar.

Karena itu, ia akan mempermudah semua yang dibutuhkan oleh melayan, mulai izin, sampai fasilitasnya.
“Dari laut sampai turunannya disiapkan sampai industri. Ini mau nangkap ikan enggak ada cold storage, BBM gak ada. Maka perhatian harus dibagi, fasilitasi diberikan agar tumbuh,” tutur Ganjar. (*)

Tulisan Terkait

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *