Berita

Tumpas Korupsi, Wujudkan Indonesia Emas

0

Kerjha — Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud Md menegaskan visi Indonesia emas 2045 bisa tercapai jika korupsi serius ditumpas. Jika korupsi masih merajalela, Indonesia Emas tidak akan terwujud.

“Ini (Indonesia Emas 2045) bisa dicapai kalau kita disiplin, terutama kalau tidak ada korupsi,” kata Mahfud saat berdialog pada acara Tabrak, Prof! di Pos Bloc, Jakarta, Rabu (7/2) malam.

Dia menuturkan, Indonesia emas adalah penjabaran dari Indonesia maju dengan beberapa ciri-ciri, di antaranya, pendapatan per kapita rata-rata masyarakat mencapai USD 23.900, bahkan ada yang mengatakan sebesar USD 29.000-USD 30.000. Untuk saat ini, pendapatan per kapita Indonesia masih USD 4.600.

“Ini angkanya masih sangat jauh,” tegasnya.

Ditambahkannya lagi, Indonesia emas jika mengacu pada peta jalan yang dibuat sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), baru akan dicapai pada 2045.

Menurut Mahfud, pada 2045 itu, kira-kira Indonesia sudah tidak ada lagi orang miskin. Karena rata-rata pendapatan per kapitanya sudah mencapai USD 23.900.

“Nah pada tahun itu, partisipasi pendidikan tinggi mencapai 74 persen, lulusan SMA masuk ke perguruan tinggi. Bukan yang lain tidak diterima, tetapi langsung dapat kerja. Itu setidaknya konsep Indonesia emas,” paparnya.

Mahfud melanjutkan, Indonesia emas bisa dicapai setelah menghitung potensi sumber daya alam yang dimiliki. Kata dia, sudah ada lembaga-lembaga kredibel, termasuk di dalamnya ada pemerintah yang menghitung dari sisi ekonomi.

Sesuai penghitungan lembaga-lembaga tersebut, Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi keempat atau kelima pada 2045.

“Yang terkuat pertama itu nanti RRT (Republik Rakyat Tiongkok), kedua India, ketiga Amerika Serikat dan keempat Indonesia. Toh kalau Indonesia kelima, maka yang keempat adalah Jepang. Itu hitungan sesuai dengan peta jalannya,” tegas Mahfud. (*)

Tulisan Terkait

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *