Headline

Erick Thohir: Jadikan Masjid At-Thohir Los Angeles untuk Perkuat Komunitas Indonesia

0

Kerjha ― Menteri BUMN Erick Thohir menginginkan Masjid At-Thohir di Los Angeles (LA), Amerika Serikat tidak hanya dikembangkan sebagai sarana ibadah, tetapi juga untuk meningkatkan semangat gotong royong dan kasih sayang sesama komunitas Indonesia.

Ke depan, Erick pun berharap agar masjid yang juga dijadikan sebagai pusat kegiatan komunitas muslim Indonesia atau Indonesia Muslim Community Center itu, bisa dijadikan tempat diskusi untuk meningkatkan diaspora Indonesia, termasuk di bidang ekonomi.

“Saya berharap selain untuk beribadah, masjid ini juga bisa meningkatkan semangat gotong royong dan saling menyayangi komunitas Indonesia. Juga untuk meningkatkan kelas masyarakat Indonesia di Los Angles,” kata Erick Thohir dalam tayangan video yang diunggah melalui akun Instagramnya, Sabtu (15/5).

Di sela kunjungan kerjanya di LA, beberapa waktu lalu, Erick Thohir menyempatkan diri
datang ke Masjid At-Thohir yang masih dalam proses renovasi tersebut. “Alhamdulillah, bisa silahturahmi juga dengan imam dan pengurus Masjid At-Thohir LA. Mudah-mudhan setelah proses renovasi selesai, masjid bisa segera digunakan untuk sarana beribadah, dakwah dan juga beraktivitas bagi komunitas umat muslim Indonesia di Los Angeles dan secara umum dapat digunakan oleh umat muslim yang ada di Los Angeles,” sebut Erick.

Dikutip Kumparan dari imfola.org―situs yang dikelola yayasan muslim Indonesia di Los Angeles―dijelaskan jika bangunan yang kini menjadi masjid itu, awalnya merupakan gereja yang didirikan pada 1920. Kemudian bangunan tersebut dibeli oleh komunitas muslim Indonesia di greater Los Angeles, California.

“Tepat pada hari Kemerdekaan RI yang ke-72, 17 Agustus 2017, sebuah gedung gereja yang dibangun tahun 1920 resmi menjadi milik kita bersama,” tulis imfola.org.

Disebutkan pula, populasi umat muslim di AS masih terbilang minoritas, yakni sekitar 3,5 juta orang atau hanya 1,1 persen dari total penduduk. Tapi angka tersebut dilaporkan terus bertambah. Hal inilah yang mendorong umat muslim di Los Angeles ingin memiliki tempat ibadah sendiri.

Kota Los Angeles di negara bagian California, AS, memang cukup akrab dengan Erick Thohir yang mengenyam pendidikan di Glendale University dan National University of California.

“Indonesian Muslim Community Center–Masjid At-Thohir hadir menjadi bagian dari perkembangan Islam di Los Angeles,” sebutnya lagi.

Dari sisi lokasi, masjid ini sangat strategis, terletak di jantung kota Los Angeles. Tepatnya di 1200 S. Kenmore Ave, Los Angeles, dan hanya 1,6 km dari Gedung KJRI Los Angeles. (HAS)

Tulisan Terkait

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *