Headline

Jokowi: Percepat Realisasi Belanja Daerah

0

Kerjha ― Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah di setiap tingkatan agar mempercepat realisasi anggaran belanja pemerintah.

Menurut Jokowi, langkah ini penting dilakukan untuk mendukung pemulihan ekonomi yang harus berjalan beriringan dengan pemulihan dampak kesehatan akibat pandemi.

Memberikan pengarahan kepada para gubernur dalam rapat terbatas via konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/9), Jokowi pun meminta para kepala daerah segera menggunakan anggaran tersebut untuk mengerek pergerakan ekonomi di daerah-daerah.

“Saya minta percepat belanja APBD provinsi dan perintahkan bupati dan walikota agar APBD kabupaten dan kota, terutama yang berkaitan dengan belanja barang, belanja modal, belanja bansos betul-betul disegerakan sehingga bisa meningkatkan konsumsi masyarakat dan meningkatkan ekonomi di daerah,” ujarnya.

Data yang diterima Jokowi, hingga 27 Agustus 2020 lalu, rata-rata nasional untuk realisasi belanja APBD provinsi masih berada di angka 44,74 persen. Sementara untuk realisasi di tingkat kabupaten dan kota juga baru mencapai 48,8 persen.

Ia meminta para kepala daerah untuk mencermati hal tersebut. Sebab, realisasi anggaran pemerintah daerah sangat dibutuhkan untuk beredarnya uang di daerah dan realisasi terhadap bantuan sosial yang diterima masyarakat daerah.

“Realisasi APBD seperti ini setiap hari saya ikuti. Semua provinsi, kabupaten, dan kota kelihatan semua angka-angkanya. Tolong angka-angka ini diperhatikan sehingga realisasi pengadaan barang dan jasa untuk belanja modal atau belanja bansos benar-benar segera terealisasi,” tandasnya. (LUH)

Tulisan Terkait

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *