Headline

Cerita Sukses UMKM Binaan Pertamina Ekspor Kopi Rp 1,2 Miliar

0

Kerjha ― Teuku Dharul Bawadi, pemilik Bawadi Coffee, tak menyangka usaha kopi yang dikembangkannya sukses menembus pasar mancanegara, bahkan mampu mendapatkan kontrak ekspor hingga Rp 1,2 miliar.

Jalan lapang bisnisnya kian terbuka lebar setelah Teuku bergabung menjadi mitra binaan Pertamina pada 2019 lalu. Kala itu, Bawadi Coffee diikutkan perlombaan dan berhasil memenangkan juara kedua Award Lokal Hero. Oleh Pertamina, Bawadi Coffee juga diberi kesempatan untuk mengikuti expo internasional di Tiongkok sehingga menerima kontrak ekspor senilai Rp 1,2 miliar.

Kisah tersebut disampaikan Teuku
pada coaching session di agenda Pertamina SMEXPO 2020, Jumat (11/9). Di ajang tersebut, ia pun mengapresiasi langkah perusahaan pelat merah ini yang konsisten mendorong para pelaku usaha Indonesia untuk terus mengembangkan usahanya. “Terima kasih kepada Pertamina yang melakukan pameran SMEXPO,” kata Teuku.

Untuk diketahui, Bawadi Coffee menawarkan produk kopi single origin Aceh untuk mengembangkan hasil pertanian kopi di daerah tersebut ke berbagai negara.

Uniknya, saat memulai bisnis, Teuku Dharul Bawadi justru langsung menyasar sektor ekspor. Ia, misalnya, mencoba melakukan ekspor ke Malaysia. Dia bilang, memilih membidik peluang ekspor, ceruk pasarnya malah masih menganga lebar.

Sementara, konsultan digital Jonathan End menerangkan, di era sekarang ini UMKM Indonesia harus mampu memanfaatkan saluran digital, termasuk sosial media dalam memasarkan produknya.

Jonathan pun mendorong UMKM untuk mempelajari penggunaan sosial media dengan tepat sehingga dapat menggaet para pembeli, baik dari dalam negeri maupun ke luar negeri. UMKM, lanjut dia, juga tidak perlu bingung karena pemasaran produk bisa dimulai dari e-commerce.

“Indonesia ada 272 juta penduduk, di antaranya 64 persen menggunakan internet dengan rata-rata delapan jam menggunakan internet. Di dalamnya 59 persen menggunakan sosial media dengan rata-rata tiga jam. Jadi sangat penting bagi UMKM untuk menggunakan sosial media,” ujar Jonathan.

Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan, melalui Pertamina SMEXPO 2020, pelaku UMKM bisa saling berbagi pengalaman dan sekaligus mempromosikan produk unggulannya agar memiliki pasar luas di mancanegara.

“Pertamina terus mendorong pelaku UMKM agar tetap survive menghadapi tantangan pandemi Covid-19 bahkan bisa lebih maju lagi dengan memanfaatkan teknologi digital yang sedang trend,” jelas Fajriyah.

Pertamina mengajak pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang ingin meningkatkan kemampuan dan kapasitas bisnisnya untuk menjadi mitra binaan Pertamina. Caranya klik https://www.pertamina.com/id/program-kemitraan dan ikuti prosedurnya.

Banyak peluang yang bisa didapatkan dengan menjadi mitra binaan, sehingga pelaku UMKM kian tangguh dan mandiri. (MUR)

Tulisan Terkait

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *