Headline

Ikuti Jokowi, Para Pemimpin Daerah Siap Divaksinasi Pertama di Wilayahnya

0

Kerjha ― Para kepala daerah, mulai dari gubernur, wali kota hingga bupati, menyatakan kesiapannya untuk jadi orang pertama yang divaksinasi Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Kesiapan mereka mengikuti langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menyatakan siap menjadi orang pertama di Indonesia yang divaksinasi Covid-19.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto, misalnya, menyatakan siap menjadi orang pertama di Kepri yang disuntik vaksin Covid-19. Seperti yang dilakukan Presiden Jokowi, Isdianto ingin memberi pesan kepada masyarakat bahwa vaksin itu aman, khususnya bagi kesehatan masyarakat.

Gubernur daerah lain yang juga menyatakan kesiapannya antara lain adalah Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

Hampir semua gubernur di 34 provinsi siap divaksin pertama kali, hanya gubernur berusia lanjut yang tidak dizinkan menjadi orang pertama yang divaksin karena pertimbangan medis.

Sementara para wali kota yang menyatakan siap divaksinasi pertama, antara lain Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Wali Kota Batam Kepulauan Riau Muhammad Rudi, Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Wali Kota Malang Sutiaji, juga Wali Kota Palembang Harnojoyo.

Sedangkan para bupati yang menyatakan siap disuntik vaksin pertama, antara lain Bupati Sleman Sri Purnomo, Bupati Brebes Idza Priyanti, Bupati Pandeglang Irna Nurulita, Bupati Kabupaten Kubu Raya Muda Mahendrawan, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Bupati Banyumas Achmad Husein, serta Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi rencannya akan disuntik vaksin Covid-19 pada 13 Januari mendatang. Vaksinasi kepada Presiden Indonesia itu akan menjadi penanda dimulainya program ini kepada masyarakat.

Target awal vaksinasi adalah tenaga kesehatan, kemudian disusul aparat TNI, Polri, guru, dan masyarakat umum.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan, penyuntikan vaksin kepada Presiden Jokowi akan disiarkan secara langsung. (ELA)

Tulisan Terkait

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *