Berita

Pertamina Lubricants Bangun Kampung Integritas dan Kolaborasi Tugu Selatan

0

Kerjha ― PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), bersama Pemerintah Kota Jakarta Utara meluncurkan program CSR Tugu Selatan Kampung Integritas dan Kolaborasi, di Kantor Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Jumat (29/11) lalu.

Program CSR Tugu Selatan Kampung Integritas dan Kolaborasi ini merupakan langkah sinergi dan kolaborasi antara PTPL, pemerintah, dan masyarakat setempat dalam membangun program sosial dan lingkungan di wilayah Kelurahan Tugu Selatan.

Saat ini, sudah ada berbagai program yang berjalan, antara lain Program Bank Sampah Berkah, Sampah Tukar Oli, Kampung Sirih Sehati, dan Tugu Berdaya.

Bank Sampah Berkah merupakan program lingkungan untuk mengurangi tumpukan sampah melalui tabungan sampah. Kegiatan ini berjalan berkesinambungan sejak 2018 dan sudah memiliki empat bank sampah unit di lingkangan RW, komunitas kerajinan limbah drum dan majun, serta memiliki produk olahan limbah pupuk kompos di tahun ini.

Sementara Bengkel Sampah Tukar Oli merupakan program sinergi bersama Bank Sampah Berkah Kelurahan Tugu Selatan sebagai inovasi di mana sampah yang ditabung dapat ditukar servis ringan dan ganti oli motor. Program ini juga membantu memberdayakan masyarakat setempat melalui mekanik bengkel.

Dalam aspek pemberdayaan masyarakat, PTPL juga mengembangkan program Kampung Sirih Sehati sejak 2020 lalu. Kampung Sehati berjalan dengan pendekatan ekonomi dan kesehatan melalui budidaya sirih, pengolahan produk sirih, dan posyandu Homecare. Sedangkan Program Tugu Berdaya adalah program pemberdayaan remaja melalui pelatihan dan service AC, serta pelestarian kesenian Betawi.

Manager Production Unit Jakarta PTPL, Dody Arief Aditya mengungkapkan, dengan diresmikannya kampung ini merupakan wujud antusiasme yang dipadukan dengan komitmen tinggi untuk berkerjasama dan berkolaborasi. “Kami berharap semua program-program dapat dilaksanakan secara keberlanjutan, membawa dampak positif bagi pengurus, Kelurahan Tugu Selatan dan masyarakat,” ujarnya.

Sementara Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengapresiasi PT Pertamina Lubricants yang sudah mendukung penuh kegiatan masyarakat Kelurahan Tugu Selatan melalui program CSR.

“Kami juga berharap sinergi ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan atau wilayah lain untuk dapat berkolaborasi bersama dengan pemerintah daerah dan masyarakat di wilayah Jakarta Utara. Semoga ke depannya program yang berjalan dapat berkelanjutan dan membawa dampak yang positif bagi semuanya,” ucapnya. (HAS)

Tulisan Terkait

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *